Ketua TP PKK Provsu Monitoring Desa Percontohan di Humbang Hasundutan

Ketua TP PKK Provsu Nawal Edy Rahmayadi dan rombongan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbahas, Selasa (13/6/2023),

topmetro.news – Ketua TP PKK Provsu Nawal Edy Rahmayadi dan rombongan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbahas, Selasa (13/6/2023), dalam rangka pelaksanaan kegiatan monitoring desa percontohan. Kegiatan diawali mengunjungi Desa Bonanionan Kecamatan Doloksanggul sebagai pelaksana tertib administrasi.

Tiba di Desa Bonanionan, Nawal Edy Rahmayadi disambut Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH, Ketua TP PKK Humbahas Lidia Dosmar Banjarnahor, Kepala Desa Bonanionan Anton G Simamora, tokoh masyarakat Patar Simamora dan ratusan masyarakat. Tari dari Sanggar Seni Tonggi juga ditampilkan sebagai tanda kehormatan atas kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Sumut dan rombongan di Doloksanggul.

Oloan Paniaran Nababan mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK Sumut dan rombongan di Humbang Hasundutan dalam rangka memonitoring desa percontohan.

“Pemkab dan berbagai elemen lapisan masyarakat Humbahas menyambut baik dalam kegiatan ini. Sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan semangat untuk membangun desa demi keberhasilan mewujudkan visi Pemkab Humbahas. Yaitu Humbang Hasundutan Maju dan Bermentalitas Unggul. Kami berharap kepada TP PKK di setiap tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kelompok PKK dusun dan kelompok dasawisma. Karena di kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan Gerakan PKK. Sebab mereka menjadi ujung tombak yang langsung berhadapan dengan keluarga-keluarga yang menjadi sasaran binaan. Kiranya kegiatan monitoring ini dapat memberikan manfaat dan penguatan kepada peserta baik di lapangan maupun dalam penyempurnaan administrasi,” harap Oloan.

SK Bupati

Berdasarkan SK Bupati Humbahas Nomor 173 tahun 2022 tentang Penetapan Desa Percontohan dan Kecamatan Iva-Test Binaan TP PKK Humbahas yang ikut lomba ke tingkat Provinsi Sumut yaitu, Kecamatan Paranginan pelaksanaan Iva-Test, Desa Sampetua Kecamatan Onanganjang pelaksanaan pola asuh anak dan remaja (PAAR), Desa Ambobi Paranginan Kecamatan Pakkat pelaksanaan UP2K PKK, Desa Tipang Kecamatan Baktiraja pelaksanaan hatinya PKK, Desa Sionom Hudon Tonga Kecamatan Parlilitan pelaksanaan perilaku hidup bersih sehat (PHBS), Desa Parsingguran I Kecamatan Pollung pelaksanaan lingkungan bersih sehat (LBS), Desa Siborboron Kecamatan Sijamapolang pelaksanaan Posyandu, Desa Tapian Nauli Kecamatan Lintongnihuta pelaksanaan PKK KB Kes, Desa Marpadan Kecamatan Tarabintang pelaksanaan PTP2WKSS dan Desa Bonanionan Kecamatan Doloksanggul pelaksanaan tertib administrasi.

“Kami menyadari masih banyak kekurangan yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Kegiatan monitoring hari ini, dapat menjadi momentum untuk menggerakkan hatinya PKK dan menjadi budaya bagi setiap keluarga. Terutama dalam mendorong percepatan penurunan stunting di Humbang Hasundutan ini,” tambah Oloan.

Nawal Edy Rahmayadi menjelaskan kegiatan pembinaan berupa monitoring merupakan agenda penting sebagai bentuk tanggungjawab seluruh jenjang melalui 10 Program Pokok PKK.

Sebelumnya sudah terlaksana supervisi PKK di Bulan Januari lalu. Perkembangan kegiatan PKK di seluruh jenjang harus terlaksana sesuai metode rentang kendali PKK 1-3-6-9-12. Gerakan PKK harus nyata ada di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Cenderamata

Dalam kegiatan itu, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sumut memberikan bantuan pelalatan usaha bagi UMKM Humbahas. Sebagai tanda kehormatan, pemerintah bersama masyarakat memberikan cenderamata berupa Ulos kepada Ketua TP PKK Sumut.

Selanjutnya Ketua TP PKK Sumut/Bunda PAUD Sumut Nawal Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Humbahas/Bunda PAUD Humbahas Lidia Dosmar Banjarnahor dan rombongan mengunjungi PAUD Pembina Negeri Doloksanggul.

Setelah mengunjungi dua lokasi di Kecamatan Doloksanggul, rombongan bergerak menuju Kecamatan Paranginan. Lalu panen jeruk di Desa Lobutolong milik Pdt Saudara Sianturi.

Kehadiran rombongan di Paranginan disambut Camat Paranginan Parlin Siahaan ST, Kades Lobutolong Tomson Sianturi. Termasuk Putri Remaja Sumut Indonesia/Icon Pesona Batik Nusantara 2023 Misael Putri Simorangkir.

Kunjungan terakhir berada di Kecamatan Baktiraja. Di sana Ketua TP PKK Sumut dan rombongan panen bawang merah.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment